RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / II
Pertemuan Ke- :
5 (lima)
Alokasi Waktu :
3 x 40 menit
I.
Standar Kompetensi
5. Memahami sifat –sifat
Bangun Ruang dan bagian – bagiannya, serta menentukan ukurannya.
II.
Kompetensi Dasar
5.1 Menentukan luas tabung.
5.2 Menentukan volume
tabung.
III.
Indikator
Ø Menyebutkan
benda – benda yang berbentuk tabung.
Ø Menentukan
unsur bangun datar yang berbentuk tabung.
Ø Menentukan
rumus luas permukaan tabung.
Ø Menentukan
luas permukaan tabung.
Ø Menentukan
rumus volume tabung.
Ø Menentukan
volume tabung.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa
dapat menyebutkan benda yang termasuk dalam bentuk tabung.
Ø Siswa
mengetahui unsure bangun datar yang membentuk tabung dengan membuat jaring –
jaring tabung.
Ø Siswa
memahami cara menentukan rumus luas permukaan tabung.
Ø Siswa
dapat menentukan luas permukaan tabung.
Ø Siswa
memahami cara menentukan volume tabung.
Ø Siswa
dapat menentukan luas permukaan tabung.
Ø Siswa
dapat memecahkan masalah kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan
menentukan luas permukaan dan volume tabung.
V.
Materi Ajar
Uraian Materi :
Kaleng susu merupakan salah
satu contoh bangun ruang berbentuk tabung.
Tabung adalah bangun ruang dimensi 3 yang dibentuk oleh dua
buah lingkaran dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi lingkaran, kedua
lingkaran disebut sebagai alas dan tutup tabung serta persegi panjang yang
menyelimutinya disebut sebagai selimut tabung.
Luas Tabung = 2 x Luas Lingkaran + Luas
Persegi panjang
= 2
x phi. r² + p.l
= 2
x phi. r² + 2 phi. r.t
= 2 phi. r ( r + t )
Luas Tabung tanpa tutup = Luas Lingkaran + Luas Persegi panjang
= phi. r² +
p.l
= phi. r² + 2 phi. r x t
= phi. r (r
+ 2t)
Volume Tabung = L. lempengan x tinggi
=
luas lingkaran x tinggi
= phi. r² .t
VI.
Metode Pembelajaran
Ø Diskusi
Ø Tanya
jawab
Ø Tugas
kelompok
Ø Tugas
individual
VII.
Langkah – langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan :
1.
Apersepsi :
Ø Membuka
kelas dengan memberi salam dan mengabsen siswa.
Ø Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan bertanya kepada siswa untuk mengetahui penguasaan materi yang diajarkan
sebelumnya berkenaan tentang bangun datar dan luasnya.
Ø Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai untuk materi
pembelajaran menentukan luas permukaan tabung dan volume tabung.
Ø Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan tujuan
pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti :
A.
Eksplorasi
Ø Dengan
Tanya jawab guru bertanya kepada siswa tentang benda – benda yang ada sekitar
yang berbentuk silinder.
Ø Guru
meminta siswa untuk memperhatikan bentuk dari tabung tersebut dan menentukan
ada berapa bangun datar yang membentuk sebuah tabung.
Ø Siswa
diminta membuat sebuah jaring – jaring dengan ukuran ditentukan oleh siswa
sendiri dan guru membimbing.
Ø Siswa
menentukan luas permukaan tabung dengan unsur bangun datar yang membentuk
bangun ruang tabung.
Ø Siswa
menentukan volume tabung dengan unsur bangun datar yang membentuk bangun
tabung.
B.
Elaborasi
Ø Siswa
dibentuk menjadi beberapa kelompok dan diberikan LKS.
Ø Guru
menyiapkan sebuah karton yang telah dibentuk menjadi sebuah tabung.
Ø Siswa
diminta untuk mengukur tinggi dan jari – jari tabung yang mereka dapatkan.
Ø Siswa
diminta menghitung luas permukaan tabung yang mereka dapatkan.
Ø Beberapa
kelompok mempresentasikan hasil perhitungan luas permukaan tabung yang mereka
dapatkan.
Ø Siswa
melakukan Tanya jawab berkenaan dengan hasil yang didapatkan temannya dengan
dibimbing oleh guru.
Ø Guru
bertanya kepada siswa kembali tentang benda – benda yang berbentuk tabung.
Ø Guru
mendemonstrasikan sebuah kaleng dan menyuruh dua orang siswa untuk mengukur
kaleng dan tinggi sebuah kaleng susu.
Ø Secara
individual siswa memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan tabung
dan volume tabung.
Ø Guru
memberikan latihan kepada siswa.
C.
Konfirmasi
Ø Guru
memberikan umpan balik positif baik itu lisan, isyarat maupun sikap terhadap
siswa yang aktif dalam pembelajaran.
Ø Guru
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber.
Ø Guru
meminta siswa untuk mengumpulkan LKS yang dikerjakannya.
Ø Guru
dan siswa menyimpulkan unsur bangun datar apa saja yang membentuk sebuah tabung
dan menentukan luas permukaan tabung serta volume tabung.
3.
Kegiatan Penutup :
Ø Guru
melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
secara konsisten dan terprogram.
Ø Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø Sebagai
tugas rumah guru meminta siswa untuk merangkum materi pelajaran menghitung luas
permukaan tabung dan volume tabung dengan memberikan soal latihan dan PR.
Ø Menutup
pelajaran dengan memberikan salam.
VIII.
Alat dan Sumber
Ø Buku
Matematika kelas VIII materi luas permukaan dan volume bangun ruang.
Ø LKS
Ø LCD
Ø Kaleng
susu
Ø Jaring
– jaring tabung yang telah dibuat untuk dibagikan kekelompok kerja siswa.
IX.
Penilaian
Ø Lisan
/ partisipasi siswa selama diskusi
Ø Tulisan
berupa LKS
Ø Perbuatan
EVALUASI
1.
Tentukan luas permukaan tabung yang memiliki jari – jari 7 cm dan tinggi 10 cm
?
2.Sebuah
kaleng susu berbentuk tabung memiliki volume 12.320 cm3 dan memiliki
tinggi 20 cm. Hitunglah berapa jari – jari kaleng susu tersebut ?
Palembang............... ………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru Kelas
Mata
Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar