8 Keterampilan Dasar Mengajar
1. Membuka dan menutup kelas
2. Bertanya
3. Mengelola kelas
4. Variasi
5. Diskusi kelompok kecil
6. Menjelaskan
7. Member penguatan
8. Membimbing perseorangan dan kelompok.
4 Kompetensi Guru
1. Pedagogik : art of teaching / seni dalam mengajar
Guru bisa membuka proses pembelajaran dan bisa memegang jalannya didiskusikan didalam kelas.
2. Akademik : penguasaan materi (pengetahuan)
Seorang guru harus mengetahui apa yang akan diajarkan sehingga harus memiliki persiapan terlebih dahulu.
3. Sosial : interaksi dengan siswa
Berkaitan dengan interaksi antara guru dan siswa. Contoh : apabila siswa menjawab / berpendapat sikap seorang guru yaitu menyimaknya.
4. Kepribadian : mempunyai kepribadian yang baik.
Bisa diterima oleh siswanya.
Pendidikan
Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
RME as an instructional
theory
Mekanik Intruction
(berkerja seperti mesin yang mengikuti prosedur) : Hanya tau prosedur tanpa mengetahui apa yang dia lakukan.
Ø Teori
Pembelajaran : learning theory dan
teaching theory.
Ø Teori
Belajar : learning theory
RME menganut teori
konstructivisme
Hans Frudental
mengatakan “math as a human activity”.
Mengunakan situasi yang real (realistic instruction)
realistic yaitu sesuatu yang bisa dibayangkan oleh anak tanpa harus ada / nyata
seperti : beli gorengan, naik mobil ke sekolah.
Proses mencapai proses
matematika disebut mathematizing / matematisasi.
Ø Horizontal : kondisi dimana siswa menggunakan model
matematika.
Ø Vertical : kondisi dimana siswa mampu menerapkan
notasi metematika dalam penyelesaian.
Prinsip Realistic
Mathematics Education (RME) :
1.
Menggunakan situasi : using situation
2.
Menggunakan model : using models (model of / model for)
3.
Hasil kerja siswa : srudents own reproduction
4.
Diskusi untuk mempunyai hasil : interactivity
5.
Keterkaitan konsep : intertwining (seni, geometrid
an aljabar)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar